Istilah Umum Pada VGA Card

3D clipping

Sebuah proses didalam transformasi geometrik pada area tertentu yang tidak tampak atau sebagian dari objek 3D yang dihilangkan.

3Dnow!

Perintah tambahan yang digunakan oleh AMD pada prosesor K6-2, K6-3 dan prosesor K7. 21 perintah tambahan ini dimaksudkan untuk meningkatkan operasi floating-point yang sangat penting untuk game-game 3 dimensi.

3D pipeline

Jumlah seluruh langkah-langkah yang diperlukan untuk menampilkan sebuah skenario 3D buatan pada monitor. Termasuk dalam 3D pipeline adalah tessellation, transformasi geometrik dan rendering.

Aliasing

Efek tangga yang terkenal. Pada gambar yang diperbesar, seringkali terlihat sebuah garis bergerigi yang membentuk seperti tangga. Garis yang kasar ini bisa dihaluskan dengan anti-aliasing.

Alpha blending

Informasi tambahan per pixel untuk membuat materi atau gambar transparan.

Anisotropic filtering

Ini adalah gabungan dari bilinear filtering dan MIP mapping. Tidak seperti trilinear filtering, objek geometri juga diperhitungkan misalnya untuk meningkatkan kejelasan sebuah teks atau gambar.

Bilinear filtering

Mengkalkulasi rata-rata jumlah warna dalam basis empat pixel yang berdekatan.

Bump mapping

Sebuah tehnik yang menyediakan informasi kedalaman tekstur yang bisa digunakan untuk menampilkan gambar seperti relief atau gambar yang diberi efek emboss.

Clipping

Dalam clipping, bagian yang tidak terlihat dari polygon ditentukan untuk direpresentasikan. Kemudian, bagian ini tidak dimunculkan.

Cube environment mapping

Untuk merepresentasikan refleksi realsitik dan tidak terdistorsi dari sebuah environment ke dalam bentuk objek. Tekstur tersebut menunjukkan environment dari perspektif objek tersebut. Hal ini memberikan gambaran seolah-olah environment tersebut direfleksikan oleh objek.

D/A converter

Digital/Analog converter. Sebuah konverter sinyal yang mengubah input digital menjadi keluaran analog.

DDC

Singkatan dari Display Data Channel. Sebuah channel data khusus dimana monitor yang capable bisa mengirim data teknisnya ke kartu grafis.

Direct color

Sebuah istilah untuk TrueColor, RealColor dan HighColor. Dalam kasus ini, nilai yang disimpan pada video RAM tidak diterjemahkan tetapi dikirim langsung ke konverter D/A. Ini berarti seluruh informasi warna harus disimpan untuk setiap pixel.

Double buffering

Menjelaskan adanya memori tampilan yang digandakan. Double buffering membuat gambar berikutnya dibuat terlebih dahulu pada background yang tidak kelihatan. Segera setelah selesai dibuat, disatu sisi video card mengubah gambar yang telah berada pada background dan pada sisi lain mempersiapkan gambar berikutnya.

DPMS

Singkatan dari Display Power Management System. Hal ini membuat terjadinya beberapa tahap monitor power saving mode.

Frame buffer

Bagian dari memori grafis yang digunakan untuk membuat sebuah gambar yang akan muncul pada monitor. Frame buffer juga digunakan untuk membuat dan mengkalkulasikan efek transparansi.

Front buffer

Mengacu ke area gambar yang bisa ditampilkan pada saat double buffering.

Full-scene anti-aliasing

Menjelaskan sebuah tipe dari anti aliasing yang diaplikasikan terhadap sebuah frame lengkap. Dua proses digunakan pada tipe anti aliasing ini. Super sampling dan accumulated buffers. Pada kasus super sampling, resolusi yang jauh lebih tinggi daripada yang akan ditampilkan, dikalkulasikan dan kemudian akan diturunkan. Dengan proses accumulated buffer, beberapa tampilan dari sebuah gambar akan dilukis menjadi sebuah gambar yang utuh.

Graphic accelerator

Sebuah kartu grafik akselerator dirancang secara khusus untuk digunakan pada lingkungan pengguna yang membutuhkan penggunaan grafik tingkat tinggi.

High color

Menunjukkan bahwa mode tampilan grafik yang digunakan adalah sebesar 15 ataupun 16 bit warna per pixel. (32.768 ataupun 65.536)

Horizontal frequency

Frekuensi garis horizontal dari monitor dalam satuan kilohertz. Nilai ini harus diatur sesuai dengan persyaratan dari monitor untuk mencegah monitor dari kerusakan parah.

Luminance

Informasi warna pada transfer sinyal video.

MIP mapping

Sebuah tehnik texture mapping yang menggunakan beberapa texture map atau MIP map. Setiap MIP map berukuran separuh dari yang pertama, menyediakan beberapa tekstur map untuk beberapa macam level kedalaman. MIP mapping dikombinasikan dengan beberapa tehnik untuk membuat jumlah realisme yang berbeda. MIP mapping biasanya digunakan dengan interpolasi bilinear dan selalu digunakan dengan interpolasi trilinear. MIP adalah singkatan dari “Multum In Parvo” dalam bahasa latin yang berarti “banyak dalam sebuah tempat yang kecil”.

OpenGL

Interface software 3D. Biasa diaplikasikan pada Windows NT dan menjadi pilihan aplikasi pada Windows 95, OpenGL didasarkan pada Iris GL dari Silicon Graphics dan dilisensi oleh Microsoft dan ELSA.

Pixel

Sebuah elemen gambar.

Pixel Frquency

Jumlah pixel yang tergambar per second dan dinyatakan dalan MHz.
Primitive element Objek geometrs sederhana seperti segitiga. Pada beragam kasus, landscape 3D dipecah-pecah menjadi segitiga-segitiga.

RAMDAC

Pada sebuah grafik board, RAMDAC bertanggung jawab untuk mengconvert sinyal digital menjadi sinyal analog. Monitor VGA hanya bisa memproses sinyal analog.

Real Color

Secara umum, dipakai untuk 15 atau 16 bit per pixel mode grafik display. (32, 768 atau 65.536 warna).

Refresh rate

Mengindikasikan (dalam satuan Hertz) seberapa sering gamaber pada layar monitor dibuat perdetiknya.

Rendering

Proses kalkulatif untuk merepresentasikan 3D scenery. Di mana warna dan posisi dideterminasikan untuk tiap point pada bidang. Data “terdalam” ditempatkan pada buffer Z sedangkan data warna dan ukuran pada buffer frame.

Resolution

Jumlah pixel yang terdapat pada arah horisontal dan vertikal dalam sebuag bidang. Contoh, 640 horisontal x 480 vertikal.

RGB

Data warna yang disimpan dalam bentuk format red/green/blue.

Single buffer

Tidak seperti double buffer, dimana terdapat display memory yang digandakan, mode single buffer tidak memungkinkan akses menuju ke gambar berikutnya yang sedang dipersiapkan. Akibatnya, animasi yang dihasilkan tidak halus.

Stencil buffer

Buffer ini mengizinkan informasi warna dari pixel untuk ditambahkan dengan informasi selanjutnya. Stencil buffer bisa digunakan untuk membuat stencil,bayangan volumetrik dan penampang yang berefek cermin.

Tesselation

Tesselation membagi objek menjadi poligon (segitiga) untuk proses rendeering 3D. Untuk tiap segitiga, point sudut dan nilai warna seperti halnya nilai transparansi, jika diperlukan, bisa dideterminasikan.

Textures

Overlay sebuah permukaan dengan tekstur dan disertai koreksi perspektif.

Transformation & Lightning (T&L)

Dengan mnggunakan T&L, prosesor komputer dibebaskan dari pekerjaan menghitung kalkulasi geometrik. Proses penghitungan ini diambil alih oleh prosesor kartu grafis. Sedangkan yang termasuk dalam penghitungan adalah seluruh koordinat objek ketika diputar, perubahan, pemetaanb dan pewarnaan.

Trilinear filtering

Campuran dari filter bilinear dengan MIP mapping.

True Color

Mode display grafis dengan 16.7 Mill colors ( 24 atau 32 bit per pixel). Data-data yang disimpan dalam video RAM tidak diterjemahkan tapi diteruskan langsung ke converter D/A.

Vertex Pipelines

Vertex: Analogi di mana suatu engine aplikasi bersama-sama mencapai titik kulminasi, dan menghasilkan performa yang seimbang (secara software).
Pipeline: Suatu teknologi aplikasi dalam modul memori atau prosesor yang bersama-sama melakukan suatu eksekusi aplikasi. Command parameter ini sebenernya kecil, tetapi karrna dilakukan bersama dan dalam konteks sinkronisasi yag seimbang antara satu dan yang lain maka akan menimbulkan performa yang semakin baik. Maka biasanya semakin banyak “pipe” akan semakin baik pula (secara hardware).
Term: Di dalam VGA, aplikasi yang dijalankan butuh keseimbangan antara GUI dan command processor (chip VGA, memori, prosesor dan lain sebagainya) yang bernilai semakin besar semakin baik. Sebab VGA akan menghasilkan real time execution application, di mana puncak kurva vertex didukung oleh banyaknya pipelining command yang berjalan.
Kalalu ini tidak tercapai, gambar yang dihasilkan akan nge-lag, sebab kurva yang ada sudah sampai puncak tetapi executed command masih di belakangnya.

VESA

Singkatan dari Video electronics Standart Association. Sebuah konsorsium untuk standartdisasi grafik komputer.

VRAM

Singkatan dari Video RAM. Sebuah modul untuk upgrade memori pada grafik board untuk mendisplay resolusi dan kedalaman warna yang lebih tinggi.

Z buffer

Informasi berukuran 3D dari pixel (posisi objek pada gambar 3 dimensi).

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s